Profile YCPA

Riezka Rahmatiana

Riezka Rahmatiana

Jatuh Bangun Sebelum Berhasil

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, tampaknya pepatah tersebut benar-benar diimani oleh Riezka. Berulang kali gagal dalam merintis usaha, bahkan sampai berhutang sana-sini, bukannya bikin Riezka kapok malah semakin gigih mencoba berbagai peluang yang ada.

Kegagalan Mengawali Kesuksesan

"Menjadi pengusaha selalu menjadi keinginan saya. Sejak kecil saya memang bercita-cita pengusaha yang sukses. Awalnya, orangtua kurang mendukung karena resikonya terlalu besar menurut mereka. Mereka khawatir saya akan merasakan 'sakit' yang dalam jika gagal atau ditipu.

"Namun, impian mengalahkan segalanya. Beruntungnya, Tuhan mempertemukan saya dengan orang yang tepat yang terus menuntun saya dengan sabar hingga saya menjadi seorang pengusaha wanita yang tidak takut dengan kegagalan, yaitu Erwin, suami saya.

"Bersama Erwin, saya beberapa kali mengalami jatuh bangun dalam merintis usaha. Awalnya, kami melangkah dari bisnis Network Marketing dengan menjual produk-produk kesehatan. Di tengah perjalanan, kami ditawari berinvestasi di bisnis kelapa sawit. Malangnya, kami malah kena tipu ratusan juta rupiah. Niat ingin untung, kami malah dikejar hutang yang cukup besar.

"Untungnya, kegagalan tersebut tidak lantas membuat kami terpuruk, malah bertekad keluar dari keadaan tersebut. Pada awal 2007 kami memulai dengan berjualan pulsa handphone dengan modal awal Rp.150.000. Kegigihan kami membuahkan hasil, terjadi peningkatan usaha dari Pulsa Retail menjadi Server Pulsa. Akhirnya, Counter Server Pulsa pertama kami berdiri di Jl.Raflesia H-7 Bandung," jelas Riezka panjang lebar.

Lahirnya Just Mine Pisang Ijo

"Selanjutnya, beragam jenis usaha sudah kami coba. Mulai dari laundry, cafe, sampai restoran. Ada yang bertahan, tak sedikit pula yang gulung tikar. Hingga akhirnya, sekitar Maret 2008, saya dan Erwin mencoba berjualan Es Pisang Ijo. Kami mencari pisang yang berkualitas, meracik adonan, belajar memasak dan berjualan sendiri.

"Pada awal berjualan hanya laku lima porsi saja, keesokan harinya dagangan kami tidak ada yang laku sama sekali dan akhirnya, kami makan sendiri. Tapi hal tersebut tidak membuat kami berhenti malah semakin berusaha untuk meningkatkan kualitas dan rasa produk Justmine Pisang Ijo. Sambutan konsumen semakin hangat karena mereka sangat suka rasa Pisang Ijo Original Makasar yang kami racik. Kreativitas kami bertambah dengan menambahkan rasa Coklat, Vanilla, Strawberry dan Durian yang sangat digandrungi oleh para remaja.

"Setelah setahun berjalan, kami mulai mengubah sistem usaha kami menjadi sistem kemitraan. Maka mulai saat itu setiap orang yang ingin memiliki usaha Justmine Pisang Ijo dapat membuka gerai tanpa perlu repot memikirkan cara meracik bumbunya dari awal. Kami mempersiapkan semua sistem yang diperlukan mitra, mulai dari booth siap pakai, desain brosur atau flyer, deliveri servis, maintenance, training karyawan, product quality control, promosi nasional, dan lainnya. Semua itu dengan nilai investasi kemitraan yang dibagi dua yaitu, Paket A dengan nilai Rp10 Juta dan Paket B dengan nilai Rp55Juta," ujar Riezka

YCPA Membuka Networking

"Harapan saya bisa membangun bangsa ini menjadi maju dengan mulai mengubah diri sendiri. Saya merasa mampu mengubah kluarga, masyarakat, maupun bangsa dengan apa yang saya lakukan. Saat ini, saya melakukan pencanangan 1000 pengusaha dan membuat komunitas womenpreneur Indonesia yang menjadi wadah untuk saling sharing untuk lebih maju.

"Hal itulah yang juga memotivasi saya ikutan Young Caring Professional Award (YCPA). Saya ingin membangun networking sebagai salah satu jalan menuju impian. Hasilnya, banyak hal yang saya dapatkan dari YCPA. Selain networking, saya juga blajar bagaimana mem-branding diri dengan baik. Salut buat Caring Colours yang terus membangun image dan branding," cerita Riezka.

Caring Colours di Mata Riezka

“Setelah Young Caring Professional Award, saya jadi lebih mengenal produk Caring Colours. Awalnya cuma tahu bedak saja, sekarang saya menggunakan semua produk Caring Colours di wajah untuk menemani aktivitas saya setiap hari. Karier dan saya sendiri pun semakin dikenal orang setelah YCPA,” kata Riezka.

 

YCPA 2011

Anita Feng

Anita Feng

Marketing Manager Consumer

 
   
 
 
Cindy Sally Edina

Cindy Sally Edina

Financial Consultant

 
   
 
 
Deborah Dewi, SiP, CG

Deborah Dewi, SiP, CG

Graphologist (Handwriting Analyst), Business Development Associate Partner & Personal Brand Manager

 
   
 
 
Fibriyani Elastria

Fibriyani Elastria

Vice President of Corporate Branding, Marketing & Communication

 
   
 
 
Kartika Hariyani

Kartika Hariyani

Diplomat

 
   
 
 
Marlina "Marlin" Yenny Sugama

Marlina "Marlin" Yenny Sugama

Producer/Writer

 
   
 
 
Pradita Astarina

Pradita Astarina

Analyst in President’s Delivery Unit for Development Monitoring and Oversight

 
   
 
 
Riezka Rahmatiana

Riezka Rahmatiana

owner CV Riezka giga pratama & Founder Justmine pisang ijo

 
   
 
 
Rinny

Rinny

Senior Consultant Accenture