Profile YCPA

Pradita Astarina

Pradita Astarina

Muda dan Berprestasi

Usia memang tidak membatasi kemampuan dan prestasi seseorang. Pradita Astarina membuktikan hal tersebut!

Dita panggilan akrabnya, merupakan peserta termuda dalam kompetisi Young Caring Professional Award (YCPA) yang diselenggarakan oleh Caring Colours. Tapi, menjadi yang termuda bukanlah hal baru bagi Dita, dia juga anggota termuda dalam tim Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) yang dipimpin oleh Bapak Kuntoro Mangkusubroto.

Job desk Dita adalah membantu Presiden dalam melaksanakan pengawasan dan pengendalian pembangunan sehingga mencapai sasaran pembangunan nasional dalam bidang pendidikan, MDG dan investasi, melakukan Debottlenecking (yakni melakukan analisis, koordinasi, dan fasilitasi untuk mengurai masalah dalam implementasi), melakukan kajian cepat terhadap hal-hal yang dinilai strategi serta penugasan khusus dari Presiden dan Wakil Presiden untuk menyelesaikan dan/ atau memberikan saran atas langkah-langkah yang harus diambil dalam waktu cepat.

About Being The Youngest

“Menjadi yang termuda dalam bekerja memang tidak mudah. Sering kali, saya disepelekan ketika saya harus memimpin meeting atau mengawasi kinerja kolega lain yang usianya lebih senior dari saya. Terlebih lagi, di Indonesia, seniority does matter karena senioritas tak berlaku saat bertemu kolega asing.

“Awalnya memang sulit, tapi saya belajar mengatasi situasi tersebut. Kuncinya adalah communication, negotiation dan analytical thinking skills. Saya terus melatih diri untuk beromunikasi dengan efektif dana membangun argumen. Umumnya, sih, mereka jadi berbalik menghargai saya dan mengapresiasi karena di usia yang muda, saya sudah sampai tahap ini,”

Berawal dari Magang

“Awalnya, saya tidak terpikir untuk bekerja di ranah public policy. Awalnya, saya bercita-cita untuk menjadi bussiness consultant, sesuai latar belakang pendidikan saya di bidang ekonomi. Ternyata, saya mendapat kesempatan magang di UKP4, sampai akhirnya, saya memutuskan bergabung secara full-time setelahnya.

“Saya memiliki filosofi hidup untuk berkontribusi dan membawa perubahan positif bagi banyak orang dan saya rasa, hal tersebut dapat saya wujudkan dengan bekerja di UKP4. Saya bertekad, suatu saat nanti, generasi muda Indonesia akan bangga menjadi Bangsa Indonesia!ujar Dita bersemangat.

Her Motivation

“Saya juga memiliki keinginan untuk terus belajar dan membangun network yang seluas-luasnya. Hal tersebut mendorong saya untuk berpartisipasi dalam YCPA, selain untuk mengangkat aspirasi kaum muda, terutama wanita.

“Menurut saya, wanita di era globalisasi harus bisa memainkan multiple roles. Kita harus bisa memainkan posisi sebagai bagian dari keluarga, pekerjaan (perusahaan), serta sebagai warna negara, sehingga inner dan outer beauty sama pentingnya. Makanya, ketika mendengar mengenai kompetisi YCPA melalui radio dalam perjalanan pulang kantor, saya berniat untuk ikut sertakata Dita.

Dita dan YCPA

“Di YCPA, saya banyak belajar dari finalis lainnya. Mereka semua memiliki latar belakang, kepribadian, dan karakter unik yang berbeda-beda. Mereka bisa membawa diri dengan baik dan sukses memainkan multiple roles, sebagai ibu, pengusaha, istri, anak, dan seluruhnya terintegrasi dalam satu kesatuan utuh. “Sebagai sosok termuda di YCPA 2011, saya banyak belajar karena mereka telah melalui lebih banyak fase yang belum saya lalui. Saya terutama belajar menyeimbangkan private dan professional life,jelas Dita.

Caring Colours di Mata Dita

“Di perspektif saya, Caring Colours brand yang cocok untuk perempuan bekerja muda karena tidak fokus terhadap penjualan saja, tapi juga mencoba memberdayakan perempuan di Indonesia. Penampilan yang sempurna memang menunjang karier, tetapi tidak menjamin kesuksesan dalam karier. Perempuan harus memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk disetarakan dengan pria. Nah, Caring Colours memberi perhatian pada hal tersebut dengan membangun komunitas wanita bekerja muda sebagai wadahnya.

 

“Saya sendiri percaya penampilan mencerminkan kepribadian seseorang. Dalam hal ini, Caring Colours menjadi brand yang sempurna dalam menambah kepercayaan diri dan penampilan saya dalam bekerja. Produk favorit saya adalah Fair White Dual Action Cake,ujar Dita.

YCPA 2011

Anita Feng

Anita Feng

Marketing Manager Consumer

 
   
 
 
Cindy Sally Edina

Cindy Sally Edina

Financial Consultant

 
   
 
 
Deborah Dewi, SiP, CG

Deborah Dewi, SiP, CG

Graphologist (Handwriting Analyst), Business Development Associate Partner & Personal Brand Manager

 
   
 
 
Fibriyani Elastria

Fibriyani Elastria

Vice President of Corporate Branding, Marketing & Communication

 
   
 
 
Kartika Hariyani

Kartika Hariyani

Diplomat

 
   
 
 
Marlina "Marlin" Yenny Sugama

Marlina "Marlin" Yenny Sugama

Producer/Writer

 
   
 
 
Pradita Astarina

Pradita Astarina

Analyst in President’s Delivery Unit for Development Monitoring and Oversight

 
   
 
 
Riezka Rahmatiana

Riezka Rahmatiana

owner CV Riezka giga pratama & Founder Justmine pisang ijo

 
   
 
 
Rinny

Rinny

Senior Consultant Accenture